Selamat Datang di www.arkusada.blogspot.com terima kasih atas kunjungan anda, semoga blog ini bermanfaat bagi anda

Rabu, 16 Februari 2011

VCD Cutter

Pada artikel ini saya coba memberikan bagaimana cara untuk edit movie atau video dengan menggunakan tool bernama VCD Cutter. Editing disini hanya sebatas memotong dan menggabungkan kembali. Fungsi utamanya disini adalah bisa sebagai alat sensor terhadap movie atau film-film tertentu yang kemudian menjadi layak untuk ditonton bersama-sama siapa pun. Prinsip dasar penggunaannya sangat mudah sekali yaitu memotong bagian-bagian tertentu dari file video lalu menggabungkan kembali hasil potongan-potongan tersebut. Tool VCD Cutter ini sangat simple karena ukurannya juga kecil jadi jangan terlalu berharap untuk penggunaan yang lebih advance. Justru karena kemudahan itulah maka tool VCD Cutter ini digunakan.
Tutorial Edit Video dengan VCD Cutter
Pertama bagi yang belum punya silakan download VCD Cutter  lebih dulu. Extract file zip-nya lalu coba buka file VCDCut.exe maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.
vcd-cutter-v404
Buka file video atau movie yang ingin diedit melalui menu File – Open Movies atau tekan tombol CTRL+O. Untuk memulai edit, pastikan dulu bagian mana dari video yang akan di cut untuk menjadi video baru (jadi yang akan di cut nantinya bukan yang akan dibuang tapi yang akan digabung lagi untuk jadi video yang baru). Kalo sudah, posisikan kursor lalu tekan F5 (Clip Mark In), gerakkan kursor ke posisi batas bagian yang akan di cut. Tekan F6 (Clip Mark Out) dan selanjutnya tekan F7 (Add to Clip List) maka sekarang bagian yang telah dipotong sudah masuk dalam Clip List.
vcd-cutter
Ulangi langkah diatas jika dibutuhkan, mulai dari meletakkan posisi kursor hingga file video berikutnya sudah masuk dalam Clip List juga. Langkah yang terakhir adalah melakukan penggabungan dari potongan-potongan bagian dari file video yang ada dalam Clip List. Caranya mudah sekali cukup tekan tombol F8 (Make Clips), tentukan nama file dan destination untuk menyimpan hasilnya lalu tekan tombol Save. Proses penggabungan pun dimulai dan tunggu sampai Clips generated, done.
Buka file video yang sudah diedit tersebut, keuntungan lain dari tool VCD Cutter ini tidak mengurangi kualitas video yang telah diedit. Untuk memainkan video tersebut juga bisa menggunakan VCD Cutter ini. Jadi buat yang pengen edit-edit atau sensor-sensor film atau video bisa gunakan salah satu cara yang sangat mudah dan simple ini. Selamat menikmati.
Buat para pembaca yang budiman.... saya mohon untuk meng-clik iklan yang tersedia.... semoga tuhan memberkati
bisnis