LEMBAR KERJA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama : Arya Kusumadana
Unit Kerja : SD
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / semester : 1 / 1
Hari / tanggal :
Alokasi waktu :
Materi pokok : Teknologi informasi
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi :
Mengenal alat komunikasi sehari-hari
Kompetesi Dasar :
Mengenal teknologi informasi dan komunikasi secara sederhana
Indikator :
· Menunjukkan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi misalnya bel, telepon, handphone, televisi, computer.
· Mempraktikkan cara kerja alat teknologi informasi dan komunikasi.
Hasil Belajar :
Menunjukkan jenis teknologi informasi dan komunikasi yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran :
Pertemuan I
· Memberikan pemahaman terhadap alat-alat komunikasi.
Pertemuan II
· Mempelajari dan memahami fungsi dari Bel
· Mempelajari jenis telepon
· Mempelajari cara menggunakan telepon
· Tugas mempersiapkan praktik
Pertemuan III
· Praktek membuat alat komunikasi sederhana
Pertemuan IV
· Praktek lanjutan membuet alat komunikasi sederhana
Pertemuan V
· Mempelajari dan mengenal televisi
· Mengenal computer dan laptop
· Info trik, rangkuman, kamus mini
Pertemuan VI
· Evaluasi (14,15,16)
Metode Pembelajaran :
Pembelajaran dilakukan didalam kelas dengan menyertakan alat peraga komunikasi.
Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal :
☺ Mengulang sedikit Pelajaran (review) pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti :
☺ Menjelaskan materi dengan alat peraga
☺ Praktek dalam berkomunikasi dan membuat alat komunikasi sederhana.
c. Kegiatan akhir :
☺ Tanya jawab seputar materi hari ini
☺ Memberikan reward kepada siswa yang berprestasi
☺ Quis
Alat dan sumber bahan :
· Bel
· Telephone rumah dan telephone genggam
· Televisi
· Computer dan laptop
· Perpustakaan
· Lab computer
Penilaian :
Teori : Pemahaman, kemampuan mengingat (menghafal).
Praktek : Kemampuan, kecakapan, kreativitas, dan intelegence.
Evaluasi :
Pertemuan 1.
1. Cerita atau berita yang kita dengar di sebut apa ?
2. Apa saja alat untuk berkomunikasi ?
3. Orang yang sedang berbagi informasi disebut apa ?
Pertemuan 2.
1. Apakah fungsi dari bel rumah ?
2. Apakah fungsi dari bel sekolah ?
3. Apa saja bagian dari bel rumah ?.
4. Ada berapa jenis telepon ?
5. Sebutkan apa saja jenis telepon ?
6. Telepon genggam juga disebut apa ?
7. Apa saja fungsi dari hp ?.
8. Bagaimana cara menggunakan telepon ?
Pertemuan 3 & 4.
1. Praktik membuat alat komunikasi sederhana.
Pertemuan 5.
1. Apa fungsi dari televisi ?
2. Apa saja bagian dari televisi ?
3. Apa fungsi dari computer ?
4. Apa saja jenis jenis dari computer.
5. Apa saja bagian-bagian dari computer desktop ?
6. Apa saja bagian-bagian dari computer laptop ?
Pertemuan 6.
1. Evaluasi (14,15,16)
Mangupura, 15 juli 2009
Mengetahui,
Kepala sekolah Guru
(Ruth FA Sulistyowati) (Arya Kusumadana)